3 Langkah Mudah Menghilangkan Flek Hitam

topikterbaru.com– Jerawat bisa meninggalkan noda yang mengganggu apabila cara perawatannya salah. Terlebih jika Anda terbiasa memencet jerawat sehingga menjadi luka. Namun, jangan khawatir. Ada banyak cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat yang ampuh.Simak di sini caranya

Flek hitam bekas jerawat bukan bekas luka Kebanyakan orang keliru menganggap flek hitam bekas jerawat sebagai bekas luka.

Jerawat bisa meninggalkan noda merah kecokelatan karena peradangan yang diakibatkannya. Sementara itu, bekas luka jerawat muncul karena Anda keseringan memencet jerawat sehingga berubah menjadi luka.

Bekas luka jerawat dan bopeng bisa sangat sulit dihilangkan, bahkan mungkin permanen. Sebaliknya, flek hitam bekas jerawat bisa hilang dalam beberapa bulan setelah perawatan.
Lalu, bagaimana cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat?

Ada tiga langkah mudah yang perlu Anda perhatikan untuk menghilangkan flek hitam bekas jerawat. Berikut panduannya yang bisa Anda ikuti:

Foto: Istimewa

Langkah pertama

Pertama, bersihkan bagian kulit yang terdapat flek hitam bekas jerawat dengan scrub. Ini bertujuan agar sel-sel kulit mati yang terkelupas akan mengalami pergantian sel. Butiran scrub yang terlalu besar atau kasar dapat merusak kulit. Sebaiknya pilih produk scrub yang mengandung butiran decahydrate natrium tetraborat atau butiran polietilen. Gosokkan scrub pada wajah dengan gerakan melingkar lembut.

Langkah kedua

Anda tidak bisa menghilangkan sendiri flek hitam bekas jerawat tanpa bantuan dokter. Ada baiknya, konsultasikan masalah kulit Anda dengan dokter kulit. Dokter akan mendiagnosis masalah kulit wajah Anda dan meresepkan obat khusus, baik berbentuk krim atau gel, yang mengandung hydroquinone untuk sebagai cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat di wajah. Penggunaan dosis hydroquinone yang lebih tinggi akan memudarkan flek hitam lebih cepat.

Langkah ketiga

Konsultasikanlah dengan dokter atau dokter kulit ketika akan menjalani chemical peel karena produk ini mengandung asam yang berbeda seperti glycolic, lactic atau salicylic yang dapat mengobati luka ringan jerawat dan memudarkan bekas jerawat. Diskusikan juga dengan dokter tentang berbagai prosedur yang bisa dijalani seperti dermabrasi, pengangkatan sel kulit mati, laser ablatif, kristal aluminium oksida, dan lainnya.
Tips mencegah flek hitam akibat jerawat datang kembali
1. Jangan lupa pakai sunscreen

Gunakan sunscreen minimal mengandung SPF 30 ketika keluar rumah. Sunscreen berguna untuk mencegah flek hitam menjadi lebih gelap lagi dan juga melindungi kulit sensitif karena pemakaian hydroquinone. Hindari memencet jerawat, karena jerawat dapat memperburuk kondisi kulit.
2. Konsumsi vitamin C

Vitamin C mengandung antioksidan alami yang membantu melawan radikal bebas penyebab berbagai kerusakan kulit, termasuk flek hitam.

Selain itu, vitamin C juga membantu meningkatkan jumlah glutathione dan vitamin E dalam tubuh. Kedua zat ini juga dikenal sebagai antioksidan. Glutathione membantu kulit memproduksi pheomelanin, bukannya eumelanin, sehingga hasilnya kulit Anda akan menjadi lebih cerah.

Sumber: hellosehat.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *