Anda Sedang Merencanakan Hamil? Cek Dulu Yuk

Kehamilan
Foto: Istimewa

Topikterbaru.com, Pernah mendengar bahwa ibu hamil harus diukur lingkar lengannya? Pengukuran lingkar lengan bumil ini dilakukan untuk mengetahui kondisi gizi bumil. Namun pengukuran yang tepat sebenarnya justru harus dilakukan saat sebelum hamil.

Mengapa lengan yang diukur?

Untuk mengetahui kondisi gizi calon ibu hamil secara umum dan sensitif, lengan merupakan indikator yang paling tepat. Hal ini disebabkan lengan bagian atas mampu menunjukkan berapa banyak simpanan lemak dalam tubuh ibu untuk persiapan “bahan baku gizi” selama kehamilan.

Lingkar lengan atas, atau LLA/LiLA, ditunjukkan dengan mengukur bagian tengah lengan atas ibu. Menurut studi yang dipublikasikan oleh US National Library of Medicine, hasil dari nilai pengukuran LLA adalah:

1. LLA normal, siap hamil: lebih dari sama dengan 23,5 cm

2. LLA kurang: kurang dari 23,5 cm

Ibu hamil yang memiliki LLA dibawah 23,5 cm disebut dengan bumil KEK atau Kurang Energi Kronis. Kondisi ini berbahaya bagi janin dan ibu karena asupan gizi ibu sebelum kehamilan tidak mencukupi kebutuhan untuk hamil. Maka bumil KEK harus mendapat perhatian khusus dari petugas kesehatan.

Untuk itu, penting bagi para calon ibu untuk mengetahui berapa LLA-nya sebelum berencana hamil. Karena LLA tidak bisa dibentuk dengan cepat atau mudah berubah.

LLA baru dapat diukur kembali dengan jangka waktu lebih dari 3 bulan, karena memang LLA hanya akan menunjukkan bagaimana kondisi gizi dan kesehatan ibu dalam jangka panjang bukan hitungan hari atau minggu.

Sehingga jika calon ibu memiliki LLA yang kurang, maka persiapan kehamilan harus dilakukan dengan memperbaiki kondisi gizi ibu terlebih dahulu. Pasalnya, tubuh ibu memerlukan bahan baku gizi yang cukup untuk memulai kehamilan yang sehat.

Pengukuran LLA masih jarang dikenal luas, padahal LLA merupakan pengukuran yang penting dan harus dipersiapakan untuk kesehatan ibu dan bayi selama kehamilan.

 

Nah, setelah mengetahui pentingnya LLA, kira-kira berapa nilai LLA Anda?

 

Sumber: http://doktersehat.com/

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *