Ngeri, 60 Persen pengguna Narkoba Siswa SMA!

Topikterbaru.com, РSebuah survei yang dilakukan untuk mengetahui prevalensi penyalahgunaan narkoba di Indonesia pada tahun 2014 silam ternyata menunjukkan bahwa Indonesia memang sedang dalam kondisi darurat narkoba. Dalam survei ini, terungkap pula bahwa sebagian besar pengguna narkoba ternyata adalah dari generasi muda yang seharusnya menjadi tulang punggung bangsa.

Dari 4 juta kasus penyalahgunaan narkoba di Indonesia, 91,3 persen penggunanya adalah pria. Yang cukup mengejutkan adalah, 60,7 persen pengguna obat terlarang ini adalah mereka yang masih mengenyam pendidikan setingkat SMA! Bagaimana bisa obat-obatan terlarang ini justru didapatkan oleh mereka dengan usia yang sangat muda ini?

Ketua Badan Pengawas Obat dan Makanan RI, Penny K Lukito, menyebutkan bahwa generasi muda memang masih menjadi sasaran empuk bagi para pengedar narkoba. Hal ini disebabkan oleh kecenderungan anak muda yang penasaran dengan hal-hal yang bersifat baru dan menantang, termasuk narkoba. Karena alasan inilah pemerintah dan berbagai pihak yang terkait dengan pemberantasan narkoba mulai bergerak untuk menekan perkembangan narkoba pada generasi muda, khususnya pada para pelajar dan mahasiswa.

Tak hanya memberantas peredaran narkoba dan obat-obat terlarang lainnya, gerakan edukasi tentang bahaya narkoba dan penyalahgunaan obat-obatan juga semakin gencar dilakukan. Hal ini sangatlah penting untuk dilakukan mengingat belakangan ini juga beberapa kali terjadi kasus dimana obat-obatan yang seharusnya diperuntukkan untuk mengobati masalah kesehatan tertentu justru disalahgunakan agar bisa mendapatkan efek mabuk sebagaimana menggunakan narkoba.

(doktersehat.com)

Foto: Isimewa

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *